Monday, May 12, 2008

10 Mahasiswa UBD Dikirim ke Unisel

Palembang - Sebanyak 10 mahasiwa Falkutas Ilmu Komputer dan Program Studi Teknik Informatika Universitas Bina Darma (UBD), sabtu (10/5), diberangkatkan ke Malaysia. Pelepasan oleh Rektor UBD Prof Ir H Bochari rachman MSc.
Mahasiswa ini mengikuti program transfer credit ke Universitas Industri Selangor (unisel) Malaysia. Selama dua bulan mereka akan mengikuti perkuliahan disana dan didampingi tiga orang dosen pendamping Ahmad Luthfi MKom, Widya Cholil MIT dan Desy Syamsuar MIT.
Turut hadir pada acara pelepasan orang tua, dosen serta staf dan karyawan UBD. Sepuluh mahasiswa tersebut Kartini, jumaidi, Muhammad Kurniawan, Susana, Susena, Siti Chodijah, Usman Effendi, Rully Wijaya, Jaiti dan Ratih Ayu Tantri.
"Saya sebagai Rektor sangat terharu dan bangga, karena baru UBD yang mengirim mahasiswanya untuk belajar keluar negeri setelah melewati persaingan yang ketat. UBD juga pernah bekerja sama dengan negara Belanda dalam bidang pendidikan," jelas Bochari.
Menurutnya, program ini akan terus dilanjutkan untuk tahun-tahun berikutnya, dan ini merupakan awal yang baik untuk kemajuan UBD di masa yang akan datang. "Biaya keberangkatan semua ditanggung UBD, termasuk juga biaya kuliah, asrama, makan, tetapi untuk biaya sehari-hari disana mahasiswa harus menyiapan sendiri," Jelasnya.
Selama disana mahasiswa mengikuti 12 sks. Terdiri dari Database System (4 sks), Software Quality and Assuance (4 sks), dan Computer Interface Design & Programing (4 sks).
"Dalam rangka UBD go internasional, mahasiswa kedua jurusan ini nanti akan belajar, dan diharapkan dapat magang dan menyelesaikan skripsi disana. Setelah mereka lulus nanti dapat diterima di perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia dan Malaysia sebagai tenaga profesional," kata Bochari. (Mg21)

Sumber: Sumatera Selatan, Senin 12 mei 2008

*******************

UBD Kirim Mahasiswa ke Luar Negeri

Palembang. SRIPO--Rintisan go internasional yang dilakukan Universitas Bina Darma (UBD) kembali diwujudkan dengan pengiriman mahasiswa ke luar negeri. Menyusul kegiatan serupa sudah dilakukan beberapawaktu lalu. "kali ini kami mengirimkan 10 mahasiswa program manajemen informatika untuk belajar 1 semester di Universitas Negeri Selangor (Unisel) Malaysia. Sebaliknya dalam waktu dekat Unisel pun akan mengirimkan mahasiswanya ke UBD dengan program yang sama," kata Rektor UBD, Prof Ir H Bochari Rachman MSc saat pelepasan mahasiswa ke Unisel, sabtu (9/5) lalu.
Menurut Bochari, antara UBD dan Unisel sudah terjalin kerjasama yang dituangkan dalam bentuk memorandum of Understanding (MoU) dan pemberangkatan mahasiswa ini merupakan realisasi. UBD sendiri sebelumnya sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi antara lain dari Belanda, Audtralia, dan Universitas Utara malaysia," Khususnya ke Unisel, mahasiswa belajar seperti seperti di UBD sendiri yaitu selama 1 semester. Ini sebagai tambahan pengalaman yaitu bagaimana sih belajar di luar negeri itu. Ada kelebihan bagi mahasiswa yang dikirim ini yaitu bisa menyelesaikan kuliah hanya 3,5 tahun saja.
Mahasiswa yang diberangkatkan ke Unisel ini juga didampingi Ketua Program Studi Manajem Informatika M Lutfi M Kom, dosen pembibing Teddy dan Dedy, Direktur BDCTC UBD, Widia serta Rektor UBD Prof Ir H Bochari Rachman MSc sendiri akan turut serta mengantar para mahasiswa ini langsung ke Unisel.

Sumber Sriwijaya Post, Senin 12 Mei 2008

Screenshot :
Sumek
Sripo

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home